Aplikasi Indramayu 1 merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Diskominfo Indramayu dalam rangka mewujudkan Kabupaten Indramayu sebagai kota cerdas Aplikasi Indramayu1 merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan layanan informasi, pusat pengaduan dan layanan darurat terhadap masyarakat Indramayu. Dalam rangka mewujudkan Indramayu sebagai kota cerdas, aplikasi ini harus dibuat secara optimal. Sehingga pihak Diskominfo membutuhkan pembaharuan pada desain UI agar lebih responsif, mudah dimengerti oleh pengguna, dan lebih informatif. Sebuah aplikasi harus memiliki usability yang baik agar dapat nyaman saat digunakan. Untuk mengukur usability pada aplikasi Indramayu 1, dapat dilakukan dengan pengujian usability. Dalam menguji aplikasi Indramayu 1, dilakukan dengan menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS) untuk mengukur usability atau kepuasan pengguna terhadap aplikasi Indramayu 1. Rata-rata skor SUS sendiri ada diangka 68. Pada penelitian ini, peneliti melakukan perancangan ulang desain User Iinterface dari aplikasi Indramayu1 menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD). Metode GDD sendiri merupakan suatu metode yang berfokus pada tujuan pengguna. Dengan dilakukannya perancangan ulang menggunakan metode GDD pada penelitian ini, harapan tertinggi dari perancangan ulang pada penelitian ini adalah untuk mencapai hasil usability yang baik berdasarkan hasil pengujian usability dengan menggunakan kuisioner SUS, agar pengguna merasa lebih puas dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut, dan aplikasi dapat lebih optimal. Hasil yang didapat setelah pengujian usability menggunakan kuisioner SUS didapatkan hasil skor sebesar 85. Hal ini menunjukan bahwa perancangan ulang pada aplikasi Indramayu 1 menggunakan metode GDD berhasil mendapatkan hasil usability yang layak dan dapat diterima.
Kata Kunci : Indramayu 1, goal-directed design, system usability scale