Emosi merupakan perasaan yang membuat manusia bisa merasakan rasa senang, sedih maupun marah. Namun, tentu saja anak usia 4 -6 tahun tidak dapat memahami secara langsung emosi yang ia alami. Seringkali orang tua banyak yang keliru dalam mengenalkan proses mengelola dan menerima emosi pada sang anak. Kurangnya keefektifan mengenai media informasi pengenalan emosi pada anak pun seringkali tidak menarik dan membosankan bagi para anak. Anak cenderung bosan jika media informasi yang tersedia hanya berupa illustrasi dan tulisan. Berdasarkan fenomena yang terjadi dapat disimpulkan bahwa anak membutuhkan media informasi mengenai pengenalan emosi yang lebih interaktif dan menarik dengan mengikuti prinsip desain grafis yang benar. Penelitian ini menggunakan kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi literatur serta analisis data yang menggunakan analisis matrix perbandingan untuk memahami karakteristik pada anak usia 4 -6 tahun. Melalui perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan dan minat anak dalam lebih mendalami dan memahami emosi yang mereka rasakan.
Kata Kunci : Emosi, anak, Media Informasi, Illustrasi