Sektor startup di Indonesia termasuk kategori yang terbanyak di dunia. Indonesia menduduki peringkat ke 6 sebagai negara dengan startup terbanyak di seluruh dunia. Dengan banyaknya startup yang ada di Indonesia, hal ini menjadi pendukung poros perekonomian di Indonesia. Dengan jumlah startup yang banyak ini, maka meningkat pula persaingan yang ada di Indonesia. Hal ini menjadikan para pemilik usaha harus melakukan berbagai cara untuk dapat bersaing dengan kompetitor.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui business model canvas dan melakukan validasi model bisnis menggunakan metode validasi model bisnis startup Tiba-Tiba Pindahan dengan melakukan pengujian terhadap sembilan blok pada business model canvas yang diprioritaskan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi langsung dengan pemilik dan konsumen startup Tiba-Tiba Pindahan. Validasi model bisnis dimulai dengan menganalisis bisnis model yang telah ada dan menguji ide bisnis untuk memvalidasi kesesuaian nilai dengan target konsumen. Setelah itu, konsumen dari Tiba-Tiba Pindahan akan diwawancara dan diobservasi untuk memvalidasi inovasi yang sudah dibuat sebelumnya. Langkah ini akan memberikan rekomendasi untuk pengembangan model bisnis lebih lanjut dari startup Tiba-Tiba Pindahan.
Dari validasi yang model bisnis startup Tiba-Tiba Pindahan yang telah dilakukan, hasil pengujiannya berfokus pada tiga blok yaitu value propositions, channels, dan customer relationships. Dari ketiga blok tersebut dihasilkan pengujian yang valid.