Alaska Coffee merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri Food and Beverages tepatnya di bidang coffeshop. Hasil pendapatan Alaska Coffee pada bulan Oktober 2021 sampai bulan Februari 2023 dapat dilihat bahwa ada beberapa bulan pendapatan yang tidak memenuhi target pendapatan yang sudah ditentukan. Karena itu Alaska Coffee harus merencanakan strategi baru supaya meningkatkan pendapatan agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Strategi pemasaran yang dirancang Alaska Coffee berdasarkan beberapa faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan yang akan menjadi strategi pemasaran. Analisis SWOT digunakan untuk mendapatkan alternatif strategi, dimana alternatif strategi didapat dari faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan.
Kata Kunci: QSPM, SWOT, Strategi Pemasaran, IFE, EFE, IE.