Penelitian ini menganalisis dan merumuskan strategi bisnis PT. Leuwigajah dengan menggunakan Business Model Canvas untuk peningkatan dan inovasi dalam industri logistik. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi tantangan logistik, menganalisis model bisnis, mengembangkan strategi bisnis, dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi operasional PT. Leuwigajah. Penelitian ini menggabungkan analisis SWOT, PESTLE, dan Porter’s Five Forces dalam evaluasi sembilan building block Business Model Canvas. Hasilnya, 26 strategi dikembangkan, terdiri dari 9 strategi SO, 4 strategi ST, 6 strategi WO, dan 6 strategi WT. Melalui forum grup diskusi dan member check, 9 strategi prioritas diidentifikasi dan dibagi dalam tiga pendekatan: jangka pendek, menengah, dan panjang. Strategi jangka pendek meliputi penawaran paket harga kompetitif, adopsi teknologi inovatif, dan penguatan hubungan dengan mitra bisnis. Strategi jangka menengah menekankan integrasi komunikasi melalui media sosial dan peningkatan kualitas layanan. Strategi jangka panjang berfokus pada perluasan jaringan mitra dan pembangunan kemitraan inovatif serta berkelanjutan. Implementasi sembilan building block dalam Business Model Canvas menunjukkan adaptasi komprehensif PT. Leuwigajah terhadap dinamika pasar dan tantangan operasional, dengan tujuan akhir memperkuat posisi pasar dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Analisis Porter’s Five Forces, Analisis PESTLE, Inovasi, Strategi prioritas