PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING READYSET PERFUMERY BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURUL AYUNI

Informasi Dasar

290 kali
24.04.4769
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan bisnis parfum lokal di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat baik selama beberapa tahun terakhir. Hal ini berarti bahwa ketertarikan pasar Indonesia akan parfum lokal terus menerus mengalami kenaikan. Salah satu brand lokal yang menjadi pelaku usaha di bidang parfum di Indonesia adalah Readyset Perfumery, Readyset Perfumery memiliki beberapa gejala permasalahan. Gejala-gejala tersebut seperti tren penjualan yang masih dibawah dari tren penjualan nasional serta pangsa pasar Readyset Perfumery yang rendah dibandingkan beberapa kompetitor parfum lokal lainnya. Hal ini dikarenakan tingkat heart share dan diferensiasi yang rendah dengan kompetitor, serta penerapan program komunikasi pemasaran yang belum optimal. Setelah dilakukan proses observasi yang mendalam, dapat diidentifikasi tiga aspek yang akan dilakukan perbaikan pada brand yaitu dengan melakukan perancangan strategi positioning untuk memperkuat daya saing dalam menghadapi kompetitor di pasar parfum lokal.

Pada Tugas Akhir ini data input yang digunakan untuk pengolahan data yaitu sampel data dengan jumlah 150 pengguna brand parfum lokal. Kondisi persaingan berdasarkan posisi masing-masing merek dan atribut pada Perceptual Mapping terbagi menjadi tiga wilayah persaingan yang dikodekan dengan wilayah A, wilayah B, dan wilayah C. Pada wilayah A dikuasai oleh Saff n Co. dengan atribut Popularitas Brand. Wilayah B dikuasai oleh Alchemist Fragrance dengan atribut Desain Kemasan. Wilayah C ditempati oleh tiga merek, yaitu De.Claires, Readyset Perfumery, dan Mine Perfumery. Ketiga merek tersebut dipersepsikan kuat pada atribut variasi aroma dan variasi ukuran. Dalam memperoleh rancangan perbaikan positioning dilakukan identifikasi Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) pada setiap atribut yang menjadi dasar rancangan strategi positioning Readyset Perfumery dengan melihat aspek-aspek penting dari internal dan eksternal pada Readyset Perfumery.
Kata kunci:  Positioning, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, SWOT Analysis, Brand Parfum Lokal, Readyset Perfumery.
 

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING READYSET PERFUMERY BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvi, 128p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL AYUNI
Perorangan
Sari Wulandari, Agus Achmad Suhendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEI3B2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini