Perkembangan bisnis parfum lokal di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat baik selama beberapa tahun terakhir. Hal ini berarti bahwa ketertarikan pasar Indonesia akan parfum lokal terus menerus mengalami kenaikan. Salah satu brand lokal yang menjadi pelaku usaha di bidang parfum di Indonesia adalah Readyset Perfumery, Readyset Perfumery memiliki beberapa gejala permasalahan. Gejala-gejala tersebut seperti tren penjualan yang masih dibawah dari tren penjualan nasional serta pangsa pasar Readyset Perfumery yang rendah dibandingkan beberapa kompetitor parfum lokal lainnya. Hal ini dikarenakan tingkat heart share dan diferensiasi yang rendah dengan kompetitor, serta penerapan program komunikasi pemasaran yang belum optimal. Setelah dilakukan proses observasi yang mendalam, dapat diidentifikasi tiga aspek yang akan dilakukan perbaikan pada brand yaitu dengan melakukan perancangan strategi positioning untuk memperkuat daya saing dalam menghadapi kompetitor di pasar parfum lokal.
Pada Tugas Akhir ini data input yang digunakan untuk pengolahan data yaitu sampel data dengan jumlah 150 pengguna
brand parfum lokal. Kondisi persaingan berdasarkan posisi masing-masing merek dan atribut pada
Perceptual Mapping terbagi menjadi tiga wilayah persaingan yang dikodekan dengan wilayah A, wilayah B, dan wilayah C. Pada wilayah A dikuasai oleh Saff n Co. dengan atribut Popularitas
Brand. Wilayah B dikuasai oleh Alchemist
Fragrance dengan atribut Desain Kemasan. Wilayah C ditempati oleh tiga merek, yaitu De.Claires, Readyset
Perfumery, dan Mine
Perfumery. Ketiga merek tersebut dipersepsikan kuat pada atribut variasi aroma dan variasi ukuran. Dalam memperoleh rancangan perbaikan positioning dilakukan identifikasi
Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) pada setiap atribut yang menjadi dasar rancangan strategi positioning Readyset
Perfumery dengan melihat aspek-aspek penting dari internal dan eksternal pada Readyset
Perfumery.
Kata kunci: Positioning, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, SWOT Analysis, Brand Parfum Lokal, Readyset Perfumery.