CCAN (Corporate Customer Access Network) adalah devisi PT. Telkom Akses yang bertanggung jawab untuk memperbaiki gangguan pada layanan pelanggan perusahaan, seperti telepon, internet, usee TV, astinet, vpn, Sip Trunk, metro, dan lain-lain. CCAN (Corporate Customer Access Netwok) didirikan pada tahun 2014 dan beroperasi di setiap Kantor Wilayah Pelayanan Telekomunikasi. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan purna jual yang berfokus pada akses broadband dengan tujuan mempertahankan kualitas layanan sesuai standar layanan Tim CCAN (Corporate Customer Acces Netwok). CCAN juga dirancang untuk membantu Telkom menangani gangguan dan memfasilitasi profisioning pelanggan Indibizz.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis jaringan WLAN pada area CCAN (Corporate Customer Area Network) dengan menggunakan parameter Quality of Service (QoS) yaitu Delay, Throughput, Jitter, dan Packet Loss. QoS ini digunakan untuk menjadi patokan indeks seberapa baik kualitas jaringan WLAN pada area CCAN.
Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan analisa terhadap trafik jaringan WLAN pada area CCAN dengan menggunakan software Wireshark. Dari hasil analisa kualitas jaringan WLAN di area CCAN (Corporate Customer Area Network) masuk kedalam kategori “Sangat Memuaskan” karena berada pada indeks 4 dari Quality of Service. Hasil ini menyatakan bahwa layanan jaringan WLAN pada area CCAN sangatlah baik dan sangat andal.