PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO LEBAH MENGGUNAKAN METODE SWOT (STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES AND THREATS) DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RICHY FARANTINO

Informasi Dasar

129 kali
24.04.4823
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia fashion, tren mode terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Tas sebagai salah satu jenis fashion yang tak pernah mati, sangat penting dalam kehidupan seharihari karena fungsi praktisnya dan nilai estetikanya. Toko Lebah adalah usaha mikro menengah yang berfokus pada penjualan tas untuk pria dan wanita. Berdasarkan data penjualan Toko Lebah, didapatkan penjualan pada tahun 2023 mengalami penjualan fluktuatif. Hal ini juga didukung dengan adanya ketidakcapaian target penjualan dari Toko Lebah pada tahun 2023. Adanya ketidakcapaian ini dikarenakan kurangnya strategi pemasaran yang terencana dan penggunaan media sosial serta e-commerce yang belum optimal serta promosi yang dilakukan dengan word of mouth. Permasalahan ini akan di tinjau dari segi internal dan eksternal dari Toko Lebah. Pengolahan data dilakukan dengan perhitungan IFE sebesar 2,85 dan EFE sebesar 2,74. Dengan begitu matriks IE didapatkan pada kuadran 5. Dengan adanya faktor internal dan faktor eksternal tersebut didapatkan alternatif strategi dengan pengolahan menggunakan matriks SWOT dan diolah dengan menggunakan matriks QSPM. Hasil dari perangkingan QSPM adalah menjaga kualitas produk dengan harga yang dapat bersaing di pasaran agar loyalitas pembeli akan tetap terjaga, menyematkan cara berbelanja secara online dengan video interaktif agar konsumen mudah untuk bertransaksi, membuat Konten pada media sosial dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk menjangkau konsumen untuk mengenal Toko Lebah serta memperkenalkan produk, membuat aktivitas penjualan secara Live pada ecommerce dengan menjual produk serta melakukan interaksi terhadap penjual secara online, memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk dan memperkenalkan brand Toko Lebah pada konsumen agar dapat meningkatkan penjualan produk, mempertahankan kualitas produk dan membangun kepercayaan memberikan pelayanan terhadap konsumen dan pemasok, membuat harga promo atau pembelian bundling pada produk tas tertentu pada saat event tertentu untuk menarik pasar lebih luas melalui sosial media atau di toko offline, membuat foto produk yang menarik dan menunjukan selling point Toko Lebah pada platform media sosial dan ecommerce, membuat konten yang menarik sesuai tren saat ini pada media sosial untuk memperkenalkan brand serta produk Toko Lebah dan menjual produk terbatas khusus hari-hari istimewa seperti natal, ramadhan, dan musim awal masuk sekolah untuk menarik konsumen Toko Lebah.

Kata kunci : Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, QSPM, Strategi Pemasaran

Subjek

SWOT
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO LEBAH MENGGUNAKAN METODE SWOT (STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES AND THREATS) DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 105p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICHY FARANTINO
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Boby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini