Perancangan Zine Dark Art Dalam Menyajikan Perkembangan Dark Clothing Brand Di Bandung - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANDY NUR FATTAH

Informasi Dasar

112 kali
24.04.4914
646.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dark Art merupakan gaya seni dengan definisi sebagai perubahan suasana menjadi "gelap"

atau terkesan kelam, menyeramkan, pengacau, dan sangat misterius. Diklasifikasikan dengan

banyak nama seperti, horor, metafisik, mimpi buruk, dan pengganggu, sehingga termasuk ke

dalam puncak dari teknik dan gaya. Seni gelap sering kali mengeksplorasi tema-tema yang

dianggap tabu atau meresahkan dalam masyarakat arus utama, seperti kematian , kejadian ,

dan hal-hal gaib. Palet warna gelap, Seni gelap sering kali menampilkan palet warna terbatas

dengan penekanan pada warna gelap seperti hitam, merah, dan abu-abu.ciri umum dark art

Penggunaan simbolisme dan metafora untuk menyampaikan tema kematian, perluasan,

dan supernatural, Dark Clothing brand pertama kali muncul di Bandung pada tahun 2003 yang

diusung oleh brand Maternal Disaster. Pada umumnya, pakaian ini digunakan pada acara

musik, film horor dan metal. Peranan ini mencoba untuk mengeksplorasi bagaimana

zine dark art dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mengeksplorasi perkembangan

dark Clothing brand dan memperkenalkan Dark Clothing Brand di kota BandungMedia

referensi sangat efektif digunakan oleh para desainer grafis yang tertarik dengan karakteristik

dark art dan dark clothing brand, sehingga terjadi peningkatan peluang bisnis bagi para

desainer grafis yang menargetkan penggiat merek pakaian gelap. Penelitian ini bertujuan untuk

menggambarkan dinamika perkembangan dark clothing brand di kota Bandung, dengan

menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai metode pengumpulan data. Dilakukan

pendekatan dengan tujuan menyajikan informasi mengenai dark art dan perkembangan

merek pakaian gelap di kota Bandung secara obyektif dan komprehensif. Analisa data

dirancang menggunakan metode analisis matriks dengan mengacu pada proyek karya seni

serupa, hasil analisis digunakan untuk menyusun media strategi. Media strategi yang

diusulkan adalah menciptakan sebuah zine dark art yang mengangkat perkembangan dark

merek pakaian di kota bandung. Tujuan utamanya adalah menghasilkan media yang tidak

hanya memberikan informasi yang akurat, namun juga kreatif, tentang evolusi dan pelaku

dalam dunia dark art/merek pakaian gelap di Bandung. Zine ini juga diharapkan mampu

Memperkuat referensi dan visibilitas di dunia brand pakaian lokal.

Kata kunci: dark art, dark clothing brand, zine, Kota Bandung

Subjek

CLOTHING
 

Katalog

Perancangan Zine Dark Art Dalam Menyajikan Perkembangan Dark Clothing Brand Di Bandung - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 70p.: il,;pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDY NUR FATTAH
Perorangan
Paku Kusuma, Bambang Melga Suprayogi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini