Permasalahan yang diambil adalah tidak memiliki meu yang menjadi prioritas menjadi salah satu masalahdi Oryza Restaurant, serta terdapatnya ketidakseimbangan menu dan beberapa menu memiliki kinerja yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menu yang terdapat di Oryza Restaurant yang terletak di Resinda Hotel Karawang dengan menggunakan Evaluasi Menu atau yang dapat disebut sebagai Menu Engineering. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi makanan yang memiliki Tingkat popularitas yang tinggi serta dapat memberikan keuntungan maksimal. Melalui analisis ini, menu akan dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu Star, Plowhorse, Puzzle, dan Dog yang masing masing memerlukan strategi pemasaran yang berbeda. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 26(70,27%) item menu yang termasuk kedalam kategori Star yang memiliki keuntungan dan popularitas yang tinggi, Kategori Puzzle yang terdiri dari 14 item (27,02%) yang memiliki keuntungan tinggi tetapi memiliki popularitas rendah, tidak terdapatnnya kategori menu yang termasuk kedalam kategori Plowhorse, dan terdapatnya 1(2,7%) menu yang termasuk kedalam kategori dog yang memiliki popularitas yang rendah serta keuntungan yang rendah. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengelolaan menu dan pemasaran, termasuk penyesuaiaan hargaa, promosi yang berkelanjutan, dan penempatan menu yang strategis. Dengan demikian, diharapkan Oryza Restaurant dapat meningkatkan profitabilitas dan kepuasaan pelanggan, serta mempertahankan daya saing dipasar kuliner yang semakin kompetitif.