Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi standar operasional prosedur dan menganalisis hambatan atau tantangan telepon operator di Sheraton Bandung Hotel & Towers. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara, analisis dokumen, dan catatan lapangan, dengan fokus pada interaksi dan fungsi operator telepon di hotel. Analisis data memakai analisis naratif untuk menghasilkan deskripsi mendalam tentang pengalaman dan pola interaksi operator telepon. Proses reduksi data menyederhanakan dan menyaring informasi untuk menemukan temuan yang paling relevan dan signifikan. Interpretasi temuan dilakukan dengan menghubungkannya dengan teori atau literatur yang relevan, dan hasil analisis dijelaskan secara rinci dalam laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Prosedur Operasional Standar (SOP) untuk operator telepon di Sheraton Bandung telah dilakukan dengan berhasil, yang berdampak positif terhadap kinerja layanan dan kepuasan pelanggan. Namun, meskipun demikian, teridentifikasi beberapa area yang perlu ditingkatkan guna mencapai tingkat konsistensi yang lebih baik. Tantangan dan hambatan yang dihadapi, baik yang bersifat teknis maupun non-teknis, perlu diselesaikan agar dapat meningkatkan efektivitas layanan secara keseluruhan.
Kata kunci: Standar Operasional Prosedur, Telepon Operator, Hotel