Dalam era transformasi digital, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan signifikan dalam mengelola operasi mereka secara efisien. Salah satu aspek kritis adalah manajemen persediaan yang efektif, yang sering kali menjadi kendala utama bagi UMKM dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses kustomisasi dan konfigurasi sistem manajemen persediaan menggunakan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) open source dengan metode Quickstart untuk mendukung transformasi menuju SMART UMKM di industri katering. Studi kasus dilakukan pada Rizqy Agung Katering, sebuah UMKM yang bergerak di bidang jasa katering. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan staf, observasi langsung pada proses operasional, serta analisis dokumen yang relevan. Sistem ERP open source yang digunakan dalam penelitian ini adalah Odoo, yang dikenal memiliki fleksibilitas tinggi dalam kustomisasi yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Pembangunan sistem Odoo menggunakan metode quickstart, metodologi ini dapat membantu proses implementasi selesai dengan waktu yang cepat dan biaya yang terjangkau untuk implementasi ERP di sektor UMKM. Tujuan akhir dari pengembangan inventory management system ERP pada Rizky Agung Katering adalah, untuk membantu mencatat dan mencetak data transaksi secara real-time, mengintegrasi seluruh data pesanan, pembelian, dan produksi secara efektif dan efisien, memonitor barang mentah yang rentan kadaluarsa dan pemasok untuk mendapatkan persediaan yang aman ketika menghadapi fluktuasi harga dan pesanan yang melonjak. Sebagai acuan keberhasilan implementasi sistem ERP pengujian dilakukan dengan metode black box testing.
Kata kunci—UMKM, Manajemen Persediaan, ERP, Odoo, Metode Quickstart