Masalah utama kendaraan listrik saat ini ada dua, yaitu waktu pengisian daya baterai yang lama dan perbedaan tegangan serta kapasitas antar merek yang menyebabkan variasi dimensi baterai. Keberadaan sistem swap and multiplug dirancang untuk mengatasi dua masalah utama yang ada dengan kemampuan daya maksimal 1200W (100V, 12A), dibatasi pada 10A untuk mengurangi risiko panas berlebih. Sistem ini dilengkapi empat kamar baterai merek Gesits dan multiplug yang dapat mengisi baterai 48V, 60V, dan 72V. Pengisian daya cepat membutuhkan waktu sekitar 2 jam, menggunakan metode proteksi three stage charging, yaitu dengan pre-charge (pengisian dengan arus 700mA hingga batas minimal tegangan), constant current (pengisian dengan arus konstan 10A hingga 69.02V), dan constant voltage (arus turun perlahan hingga 300mA, lalu diputus). Sistem dilengkapi user interface untuk monitoring kondisi baterai saat pengisian, serta sistem proteksi banjir dan pembayaran. Pengujian menggunakan baterai Gesits dan ECGO menunjukkan waktu pengisian sekitar 2 jam, lebih cepat daripada menggunakan charger dari tiap merek (3-4 jam). Sistem multiplug berhasil mengisi baterai dengan port berbeda, dan perbandingan tegangan serta arus antara user interface dengan multimeter dan clampmeter menunjukkan nilai akurasi rata-rata 98%. Dengan demikian, sistem swap and multiplug ini menawarkan solusi efektif untuk mengatasi masalah pengisian daya dan kompatibilitas baterai kendaraan listrik, sambil menjaga keamanan, efisiensi, dan akurasi pengisian, berpotensi mengatasi tantangan utama dalam adopsi kendaraan listrik secara luas.
Kata kunci : Multiplug, three stage charging, Constant Current, Constant Voltage, Monitoring