Dalam beberapa tahun terakhir, menemukan layanan berkualitas tinggi telah menjadi tantangan yang semakin kompleks bagi pengguna. Terutama di sektor restoran yang berkembang pesat, konsumen dihadapkan pada banyak sekali pilihan, sehingga menyulitkan mereka untuk memilih restoran yang sesuai dengan preferensi dan selera masing-masing. Sebagai contoh, di daerah Bandung, terdapat banyak restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan, minuman, dan fasilitas lainnya yang dapat menyulitkan pengguna untuk memilih tempat yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Meskipun sudah banyak sistem rekomendasi yang tersedia untuk membantu memilih tempat makan berdasarkan preferensi pengguna, namun sistem ini seringkali kurang melibatkan pengguna secara langsung. Untuk mengatasi keterbatasan yang telah disebutkan, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem rekomendasi percakapan berbasis ontologi dengan analisis sentimen. Sistem ini menawarkan peringkat tempat makan dari pengguna nyata sebagai hasil dari analisis sentimen dan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan fungsional untuk tempat makan di Bandung. Hasil yang dihasilkan oleh sistem, berdasarkan metrik akurasi dan kepuasan pengguna, menunjukkan tingkat akurasi yang mengesankan sebesar 85,33%. Selain itu, penelitian ini juga mendapatkan umpan balik positif dari para pengguna yang menggunakan sistem ini untuk menemukan restoran yang sesuai dengan preferensi mereka. Akurasi sistem yang tinggi dan umpan balik positif dari pengguna menunjukkan keefektifannya dalam memenuhi kebutuhan pengguna dan mengkonfirmasi keandalannya sebagai alat untuk rekomendasi restoran.