ANALISIS LAYANAN APLIKASI REALTIME PADA JARINGAN 4G LTE (LONG TERM EVOLUTION) DI WILAYAH SUKABIRUS BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

IHSANUL THARIQI

Informasi Dasar

90 kali
24.04.5602
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Saat ini teknologi seluler sudah mencapai generasi ke empat, yaitu 4G. Seiring berkembangnya teknologi seluler, semakin pesat juga pengguna menggunakan aplikasi agar membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Contohnya seperti belanja secara online, memberikan edukasi secara online, maupun melakukan aktivitas secara online. Dari sini kita dapat menciptakan peluang dan tantangan baru bagi pengembang aplikasi untuk terus beradaptasi dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam era digital ini.

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang ada pada kawasan Sukabirus. Selain itu juga untuk mengetahui dan memaksimalkan kualitas jaringan seluler saat berada dalam kawasan Sukabirus agar pengguna atau masyarakat yang sedang melintasi atau tinggal di daerah tersebut bisa menggunakan aplikasi dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur, diskusi dan konsultasi, analisis masalah, dan mendapatkan kesimpulan. Untuk mendapatkan data penelitian ini perlu dilakukan pengambilan data dengan metode drivetest. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar mengetahui kualitas sinyal di daerah Sukabirus dan jika terdapat kualitas yang buruk maka dilakukan perbaikan yang nantinya diimplementasikan dalam aplikasi game online realtime dengan kualitas sinyal yang baik. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian untuk mengukur dan melihat kualitas jaringan 4G LTE pada kawasan Sukabirus Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan metode drivetest. Data yang diambil ada beberapa parameter, antara lain RSRP, RSRQ, SINR, dan Throughput.

Dari drivetest tersebut didapat sebuah angka dan dianalisis dengan nilai KPI. Nilai parameter dari RSRP pada level -120 dBm ? RSRP < -102 dBm yang mendominasi dengan kategori cukup buruk, RSRQ pada level -20 dB ? RSRQ < -14 dB dengan kategori buruk, SINR pada level -20 dB ? SINR < 0 dB mendominasi dengan kategori buruk, dan Throughput pada level Throughput < 324 kbps dengan kategori buruk. Dari hasil analisis tersebut perlu dilakukan perbaikan.

 

Kata kunci: analisis, drivetest, implementasi, QoS.

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

ANALISIS LAYANAN APLIKASI REALTIME PADA JARINGAN 4G LTE (LONG TERM EVOLUTION) DI WILAYAH SUKABIRUS BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 42p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHSANUL THARIQI
Perorangan
Achmad Ali Muayyadi, Arif Indra Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B2 - PROPOSAL TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini