Process Mining pada Analisis Keluhan Pelanggan menggunakan Inductive Miner dan k-Means Clustering - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAHMALIA RAHADI

Informasi Dasar

102 kali
24.04.5638
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UWV, sebuah lembaga di Belanda yang bertanggung jawab atas asuransi karyawan dan layanan pasar tenaga kerja, menyediakan satu set data keluhan pelanggan yang dikumpulkan selama delapan bulan. Pengelolaan alur proses yang kompleks sangat penting bagi perusahaan untuk menghindari keterlambatan, pekerjaan ulang, dan pemborosan sumber daya. Penelitian ini menggabungkan process mining dengan k-means untuk meningkatkan wawasan dari pengelompokan data keluhan pelanggan. Dengan menggunakan algoritma Inductive Miner untuk process mining dan pengelompokan data dengan k-means berdasarkan kesamaan, penelitian ini memberikan wawasan yang lebih mendalam dan mengoptimalkan analisis di luar apa yang dapat dicapai oleh process mining saja. Wawasan ini memungkinkan UWV untuk menyesuaikan strategi layanannya dengan lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi process mining dengan k-means clustering secara signifikan meningkatkan ketepatan model proses, menjadikannya representasi yang lebih akurat dari proses dunia nyata. Fitness model meningkat sebesar 6%, dan precision meningkat sebesar 21% setelah dilakukan pengelompokan. Namun, pendekatan ini juga mengakibatkan penurunan generalization sebesar 37% dan penurunan simplicity sebesar 1%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun model yang dikelompokkan lebih rinci dan tepat, data menjadi kurang dapat beradaptasi dengan variasi yang tidak teramati dan sedikit lebih sulit untuk diinterpretasikan.
Kata kunci—Process Mining, Inductive Miner, K-means Clustering, Keluhan Pelanggan

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Process Mining pada Analisis Keluhan Pelanggan menggunakan Inductive Miner dan k-Means Clustering - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
,; il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMALIA RAHADI
Perorangan
Angelina Prima Kurniati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini