ANALISIS ESTIMASI SUDUT KEDATANGAN SUARA TEMBAKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ESPRIT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ALDIMAS ANDRIANSYAH

Informasi Dasar

26 kali
24.04.5829
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam situasi-situasi seperti penembakan atau kejadian berbahaya lainnya, mengetahui sudut kedatangan suara tembakan menjadi hal yang penting untuk mengidentifikasi lokasi sumber suara dan mengambil tindakan yang sesuai. Dalam penelitian ini, sudah dilakukan analisis dan mengimplementasikan algoritma ESPRIT (Estimation of Signal Parameter via Rotational Invariance Techniques) dalam mengestimasi sudut kedatangan atau DoA (Direction of Arrival) pada suara tembakan.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap. Pertama, menyiapkan microphone array yang akan digunakan. Kemudian, mengambil data rekaman suara tembakan yang akan digunakan sebagai sinyal input dalam analisis. Setelah itu, memproses data untuk menghasilkan matriks korelasi antar-mikrofon yang akan menjadi dasar bagi algoritma ESPRIT. Implementasi algoritma ESPRIT akan dilakukan untuk mengestimasi sudut kedatangan suara tembakan secara akurat.
Hasil estimasi sudut kedatangan suara tembakan menunjukkan bahwa sistem memiliki tingkat akurasi yang cukup baik, terutama pada jenis senjata M4 dengan performa deteksi sudut yang paling konsisten dan akurat di antara ketiga senjata yang diuji, dengan rata-rata error terendah di hampir semua sudut. Desert Eagle menunjukkan performa deteksi yang bervariasi namun masih tergolong akurat, terutama pada sudut 180°, dengan error yang sangat kecil. Sebaliknya, AK-47 memiliki rata-rata error tertinggi di semua sudut, menunjukkan bahwa sistem deteksi mengalami kesulitan terbesar dalam mendeteksi sudut tembak dari senjata ini.
 

Subjek

PEMROSESAN SINYAL DIGITAL
 

Katalog

ANALISIS ESTIMASI SUDUT KEDATANGAN SUARA TEMBAKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ESPRIT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDIMAS ANDRIANSYAH
Perorangan
Nilla Rachmaningrum, Risdilah Mimma Untsa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi - Kampus Surabaya
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini