Modul Praktikum Front Office untuk program studi D3 Perhotelan Telkom University dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dan mahasiswi dalam mengelola operasi front office di industri perhotelan, mengingat industri hotel terus mengalami perubahan serta inovasi guna mempermudah tamu. Dengan adanya modul yang terbaru dan sesuai dengan praktikum kerja saat ini dapat menjadi arahan dalam proses praktikum. Modul ini mencakup konsep dasar front office, yaitu prosedur Check-Out, dan penanganan keluhan tamu (handling complaint), serta penggunaan perangkat lunak yang digunakan oleh manajemen hotel. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi literatur, sedangkan untuk metode pembelajaran yang digunakan itu mencakup kuliah interaktif, diskusi kelompok, simulasi kasus, dan praktik langsung di lingkungan front office hotel. Hasil evaluasi dan umpan balik dari mahasiswa dan mahasiswi serta pembaruan konten modul akan terus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi modul praktikum ini dengan praktik kerja di lapangan saat ini. Diharapkan bahwa modul ini akan membantu mahasiswa dan mahasiswi dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia kerja industri perhotelan.
Kata Kunci: Modul Praktikum, Check-Out, Komplain, Perhotelan, Sistem Hotel