My Tel-U mobile merupakan aplikasi yang dibangun di lingkungan kampus Telkom University. Mengusung konsep super-app yang di mana fokusnya untuk mewadahi berbagai kebutuhan dari sivitas akademika di lingkungan Telkom University, baik mahasiswa, dosen, maupun pegawai. Seiring perkembangan aplikasi My Tel-U mobile mendapat cukup banyak keluhan dari para penggunanya. Beberapa keluhan pengguna disampaikan melalui fitur ulasan yang terdapat pada google play. Keluhan yang paling sering terjadi antara lain adalah fitur presensi dan jadwal dosen yang tiba-tiba hilang, tidak ada fitur alarm, Server-nya sering down. Ulasan yang ada di dalam google play tersebut dapat mencerminkan tingkat kepuasan dari sivitas akademika di lingkungan Telkom University terhadap aplikasi My Tel-U mobile. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait pola ulasan yang diberikan oleh sivitas akademika terhadap aplikasi My Tel-U mobile, diperlukan analisis sentimen. Selain mengetahui pola ulasan, hasil dari analisis sentimen juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi developer untuk memperbaiki aplikasi yang sering dikeluhkan, dengan mengembangkan atau menyempurnakan aplikasi. Pada penelitian ini menggunakan algoritma Naïve Bayes untuk analisis sentimen pada reviews aplikasi My Tel-U mobile yang didapat dari kolom komentar yang terdapat pada google play. Hasil analisis menunjukkan bahwa ulasan lebih banyak positif dengan performansi model sentimen confusion Matrix yaitu dengan memperbandingkan data training dan data testing sebesar 80:20 didapatkan hasil accuracy sebesar 95% dan f1-score dengan rata-rata sebesar 95%. Hasil precision dengan nilai rata-rata 95%, recall dengan rata-rata 95%, dan f1-score dengan rata-rata 95% dapat dikatakan memiliki hasil yang cukup baik. Untuk hasil K-Fold Cross Validation rata-rata accuracy dari percobaan ke-0 sampai ke-9 sebesar 90.41%.
Kata kunci : Sentimen, My Tel-U mobile, Naive Bayes