Implementasi Interaksi Direct Manipulation Pada Aplikasi Pembelajaran Membaca Dengan Pendekatan Child Centered - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DIAN SYAFILLA RAKHMAN

Informasi Dasar

173 kali
25.04.069
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan yang pesat pada keterampilan fisik dan motorik pada masa kanak-kanak menyoroti pentingnya sistem pembelajaran yang interaktif untuk mendorong minat belajar mereka. Studi ini mengatasi masalah pada aplikasi belajar membaca yang ada untuk anak anak, terutama dalam kompleksitas antarmuka dan adaptabilitas terhadap berbagai tingkat keterampilan. Dengan menggunakan pendekatan child-centered design, penelitian ini mengembangkan aplikasi membaca dengan desain interaksi direct manipulation yang disesuaikan untuk anak-anak berusia 5–8 tahun yang terdaftar di BiMBA-AIUEO. Kegunaan aplikasi membaca diuji pada 16 anak menggunakan kuesioner USE dan terdiri dari 30 pertanyaan yang mengevaluasi kegunaan, kemudahan penggunaan, kemudahan belajar, dan kepuasan. Dengan skor kegunaan yang tinggi sebesar 91,21%, hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memenuhi harapan dan kebutuhan anak-anak, sehingga sangat tepat untuk digunakan anak-anak dalam proses belajar membaca mereka. Dari empat permainan dengan jenis interaksi yang berbeda, sebanyak 75% pengguna lebih memilih desain yang berbasis instruksi verbal yang intuitif sebagai interaksi direct manipulation yang paling digemari. Studi ini menggambarkan efektivitas child-centered design dalam mengembangkan alat bantu pendidikan yang menarik yang memenuhi kebutuhan dan preferensi anak-anak. Namun, diperlukan peningkatan lebih lanjut untuk meningkatkan pengalaman belajar. Berikan petunjuk untuk setiap permainan yang akan dimainkan sehingga pengguna dapat memahami apa yang perlu mereka lakukan. Gunakan peta panas selama fase pengujian untuk memperoleh data mendalam tentang pola interaksi pengguna. Kemudian tambahkan fitur waktu layar untuk membatasi durasinya.
 

Subjek

HUMAN-COMPUTER INTERACTION
 

Katalog

Implementasi Interaksi Direct Manipulation Pada Aplikasi Pembelajaran Membaca Dengan Pendekatan Child Centered - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 48p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN SYAFILLA RAKHMAN
Perorangan
Ati Suci Dian Martha, Sri Widowati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CII4N3 - DESAIN INTERAKSI
  • CII3A3 - INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini