Layanan akademik menjadi salah satu aspek penting dalam pengalaman pendidikan tinggi, terutama dengan meningkatnya kebutuhan akan sistem yang efisien dan responsif. Telkom University Purwokerto (TUP) menghadapi tantangan dalam menyediakan dukungan akademik yang tepat waktu, yang mendorong pengembangan solusi inovatif dalam bentuk chatbot 'Akif'. Penelitian ini bertujuan untuk membangun chatbot berbasis AI yang terintegrasi dengan Content Management System (CMS) TUP untuk membantu mahasiswa dalam menjawab pertanyaanpertanyaan akademik dan memberikan informasi terkini. Chatbot ini menggunakan teknologi Generative AI, khususnya model Gemini 1.5 Flash, yang menghasilkan respon kontekstual yang akurat berdasarkan data terbaru. Integrasi dengan CMS memungkinkan pembaruan dan pelatihan ulang model secara otomatis, memastikan chatbot selalu mendapatkan informasi akademik terbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot ini dapat berfungsi dengan baik, mencapai skor BLEU 0,86, yang menunjukkan akurasi dan relevansi respon yang tinggi. Selain itu pengujian Blackbox pada CMS berhasil mendapatkan 100% valid dari 8 skenario. Pengujian integrasi juga berhasil dilakukan dengan mendapat persentase keberhasilan 100%, yang menunjukkan integrasi antara chatbot dan CMS berjalan dengan optimal. Penelitian ini berhasil merancang sistem akademik yang saling terintegrasi untuk memberikan kontribusi terhadap layanan akademik, yaitu dengan memanfaatkan sistem chatbot yang dapat diperbaharui secara otomatis, mengurangi ketergantungan terhadap staf administrasi dan meningkatkan akurasi dan ketepatan waktu penyampaian informasi kepada mahasiswa.
Kata kunci: Agile, Chatbot, Gemini, Large Languange Model, Layanan Akademik