Implementasi Fine-Tuning LLM Chatbot untuk Membuat Automatic Customer Service - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD JASIR NABIL

Informasi Dasar

136 kali
25.04.590
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam era digital, institusi pendidikan menghadapi tantangan besar dalam menyediakan layanan informasi yang cepat, akurat, dan efisien kepada mahasiswa. Tingginya volume pertanyaan terkait kegiatan akademik, administrasi, dan layanan kampus sering menyebabkan keterlambatan layanan.Teknologi chatbot berbasis kecerdasan buatan, khususnya yang menggunakan Large Language Model (LLM), menawarkan potensi besar untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, implementasi LLM dalam lingkungan akademis masih jarang dilakukan, dan adaptasinya terhadap kebutuhan spesifik institusi masih menjadi tantangan utama.. Penelitian ini mengembangkan chatbot berbasis Llama-2-7B-Chat dengan metode fine-tuning menggunakan teknik Quantized Low-Rank Adaptation (QLoRA). Evaluasi dilakukan untuk mengukur kinerja model menggunakan tiga metrik utama, yaitu BLEU, ROUGE, dan USR. Model terbaik menghasilkan skor evaluasi sebagai berikut: BLEU mencapai nilai rata-rata 0.22, menunjukkan kesesuaian jawaban dengan referensi; ROUGE-1, ROUGE-2, dan ROUG

Subjek

NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP)
 

Katalog

Implementasi Fine-Tuning LLM Chatbot untuk Membuat Automatic Customer Service - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 59p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD JASIR NABIL
Perorangan
Donni Richasdy, Prati Hutari Gani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini