Jersey sepak bola timnas Indonesia merupakan pakaian yang dikenakan timnas Indonesia saat bermain sepak bola. Pada awal tahun 2024, PSSI merilis jersey timnas terbaru dengan menggandeng Erspo sebagai apparel, yang memicu beragam reaksi publik di media sosial, khususnya pada media sosial “X”. Banyak anggapan positif dengan menyebut desain yang simpel dan bahan jersey yang lebih bagus dari versi sebelumnya, lalu untuk anggapan negatif seperti desain yang tidak menarik, logo mengelupas, dan mirip jersey negara lain. Oleh karena itu, diperlukan analisis sentimen untuk menganalisis reaksi dan perdebatan yang muncul mengenai jersey timnas Indonesia 2024 ini. Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan metode Naïve Bayes untuk mengidentifikasi sentimen masyarakat yang terbagi menjadi positif dan negatif. Menggunakan perbandingan data latih dan data uji 75:25 didapatkan hasil analisis Naïve Bayes mengklasifikasikan sentimen dengan akurasi 86% dari total 2.283 tweet, sebanyak 1175 kelas negatif dan 470 kelas positif. Hal ini menunjukkan opini masyarakat pada “X” cenderung negatif dikarenakan ketidakpuasan terhadap desain, kualitas, dan aspek lainnya. Hasil dari analisis sentimen ini bagi yaitu sebagai pertimbangan untuk pembelian jersey timnas. Lalu bagi Erspo dan perusahaan apparel lainnya seperti Nike, Riors, atau Mills bisa menjadi sebagai referensi untuk memahami respon masyarakat tentang jersey yang Erspo buat dan sebagai pertimbangan untuk pembuatan jersey selanjutnya.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Naive Bayes, Jersey Timnas Indonesia