PENGARUH KESIAPAN PENGGUNA TERHADAP ADOPSI TEKNOLOGI SELF CHECK-IN: STUDI MENGGUNAKAN METODE TRAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SARAH ANINDYA SHOFI

Informasi Dasar

122 kali
25.05.127
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Strategi digital dimanfaatkan oleh PT. Bobobox Mitra Indonesia untuk meningkatkan kinerja operasionalnya dengan membuat Teknologi baru yaitu, Teknologi Self Checkin yang dirilis pada quartal pertama 2024. Kesiapan dan penerimaan teknologi akan mempengaruhi keberhasilan implementasi teknologi tersebut. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerimaan Teknologi Self Checkin dengan memahami faktor – faktor yang mempengaruhi niat pengguna atau use intention (UI) Teknologi Self Checkin dengan metode Technology Readiness Acceptance Model (TRAM). TRAM merupakan gabungan metode Technology Readiness   Index (TRI)   dengan pengukuran kemanfaatan dan kemudahan penggunaan pada Technology Acceptance Model (TAM). Terdapat beberapa variabel pada model TRAM, yaitu: optimism (OPT), innovativeness (INN), insecurity (INS), discomfort (DIS), perceived easy of use (PEU), perceived usefulness (PU), dan use intention (UI).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan secara daring kepada responden yang pernah minimal satu kali kunjungan ke Bobobox selama Bulan Mei – September 2024. Peneliti berhasil mendapatkan 430 responden. Data responden tersebut diolah dengan menggunakan Aplikasi SmartPLS. Aplikasi SmartPLS digunakan untuk uji model pengukuran (Outer Model), uji model Struktural (Inner Model), dan uji hipotesa.
Hasil temuan penelitian ini adalah 8 dari 11 hipotesa diterima. OPT mempengaruhi positif secara signifikan terhadap PEU dan PU. Sementara, hanya INN mempengaruhi positif secara signifikan terhadap PU. DIS tidak memiliki pengaruh negatif terhadap PEU dan PU. Tetapi, INS mempengaruhi negatif secara signifikan terhadap PEU dan PU. PEU mempengaruhi positif secara signifikan terhadap PU. PEU dan PU mempengaruhi positif secara signifikan terhadap UI.
Kesimpulan penelitian ini adalah use intention pengguna dalam menggunakan Teknologi Self Checkin dipengaruhi oleh optimism, innovativeness, insecurity, discomfort, perceived easy of use, perceived usefulness. Temuan ini mendukung pengadopsian Teknologi Self Checkin untuk meningkatkan kinerja operasional. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan baru dalam implementasi teknologi dengan pendekatan metode TRAM di bidang sektor layanan penginapan perhotelan (hospitality). Studi lanjutan ialah perlu mengetahui pengalaman pengguna ketika menggunakan Teknologi Self Checkin dengan melakukan pengujian usabillity pada Teknologi Self Checkin. Uji usability perlu dilakukan untuk mengetahui nilai usability. Nilai usability yang baik akan berdampak pada kemudahan menggunakan teknologi tersebut. Kemudahan menggunakan teknologi merupakan faktor yang mempengaruhi niat penggunaan (Use Intention) teknologi tersebut.
 

Subjek

MANAJEMEN STRATEGI
 

Katalog

PENGARUH KESIAPAN PENGGUNA TERHADAP ADOPSI TEKNOLOGI SELF CHECK-IN: STUDI MENGGUNAKAN METODE TRAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
ix, 99p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARAH ANINDYA SHOFI
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI
  • MM200514 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini