Ilmu Tajwid merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Al-Qur’an, terutama bagi murid di TPQ Darussalam. Namun, metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional sering kali kurang menarik dan kurang interaktif, sehingga dapat mengurangi minat serta pemahaman siswa dalam mempelajari Ilmu Tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran interaktif menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) guna meningkatkan efektivitas pembelajaran.Penelitian ini dilakukan melalui enam tahapan MDLC, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Media pembelajaran yang dikembangkan memanfaatkan teks, gambar, audio, dan animasi interaktif agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan guru TPQ Darussalam untuk menilai efektivitas media yang dikembangkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap Ilmu Tajwid. Sebelum implementasi, hanya 25% siswa yang masuk dalam kategori Baik, sedangkan 75% masuk kategori Kurang. Setelah menggunakan media ini, 100% siswa mencapai kategori Baik. Uji System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 76,25, menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan diterima dengan baik. Dengan demikian, penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa serta mendukung guru dalam menyampaikan materi Ilmu Tajwid. Penerapan teknologi multimedia dalam pembelajaran Tajwid dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Ilmu Tajwid, MDLC, Evaluasi Pemahaman, SUS