FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION KONSUMEN MENGGUNAKAN MOBIL LISTRIK BATERAI DI INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CAMELIA FALISA

Informasi Dasar

17 kali
25.05.178
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pangsa pasar kendaraan listrik, baik di negara maju maupun berkembang seperti Indonesia, masih tergolong kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap mobil listrik baterai di Indonesia, dengan mengeksplorasi persepsi masyarakat.
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif dan sifat kausalitas. Populasi penelitian mencakup konsumen yang telah membeli atau yang berencana membeli mobil listrik di DKI Jakarta, dengan jumlah responden yang ditentukan menggunakan parameter tertentu. Analisis data dilakukan dengan metode SEM menggunakan program AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi TPB, UTAUT-3, dan NAM memberikan wawasan mendalam tentang niat konsumen untuk membeli kendaraan listrik baterai. Sikap positif dan persepsi kontrol perilaku berkontribusi signifikan terhadap niat beli, sementara norma subjektif menunjukkan pengaruh negatif meskipun tetap signifikan. Dalam model UTAUT-3, pengaruh sosial dan kondisi yang mendukung memiliki kontribusi besar, menekankan pentingnya dukungan sosial dan infrastruktur. Persepsi nilai juga berpengaruh signifikan, menunjukkan bahwa nilai ekonomis kendaraan listrik memengaruhi keputusan pembelian. Meskipun ada pengaruh positif dari kesadaran akan konsekuensi dan pengakuan tanggung jawab dalam model NAM, norma pribadi tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap niat beli. Temuan ini mengimplikasikan perlunya strategi pemasaran yang meliputi edukasi tentang manfaat kendaraan listrik, penguatan norma sosial, peningkatan infrastruktur, serta penciptaan kesadaran akan nilai ekonomis dan lingkungan dari kendaraan listrik.
 
Kata kunci: Norm Activation Model, Purchase Intention, Theory Planned Behaviour, Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology-3
 

Subjek

CONSUMER PREFERENCES
 

Katalog

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION KONSUMEN MENGGUNAKAN MOBIL LISTRIK BATERAI DI INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv, 148p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAMELIA FALISA
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ELI2H6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini