Transformasi digital telah membagikan dampak positif kepada sektor UMKM, khususnya di Kota Kediri. Dengan lebih dari 7000 unit UMKM, pertumbuhan pesat terlihat terutama berkat pemanfaatan media sosial. Media sosial tidak hanya memengaruhi perilaku konsumen tetapi juga menjadi bagian integral dalam strategi pemasaran UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi media sosial pada UMKM di Kota Kediri dengan menggunakan kerangka kerja Technology-Organization-Environment (TOE). Model adopsi media sosial divalidasi melalui pendekatan kuantitatif menggunakan pengujian Structural Equation Model (SEM) guna menguraikan hubungan antara faktor lingkungan, teknologi, dan organisasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang metode random sampling. Hasil penelitian mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan adopsi media sosial dengan faktor teknologi, lingkungan, dan organisasi pada UMKM di Kota Kediri. Hasilnya diharapkan dapat menjadi dasar strategi bagi pelaku usaha dan Pemerintah Kota Kediri dalam meningkatkan produktivitas UMKM melalui
optimalisasi pemanfaatan media sosial pada era digital.
Kata Kunci : Adopsi Sosial Media, Model TOE, Structural equation modeling (SEM), UMKM.