Analisis Sentimen Ulasan Pengguna terhadap Ekspedisi Layanan Logistik dengan Metode Naïve Bayes - Dalam bentuk buku karya ilmiah

WAHYU BUDI PRAYOGO

Informasi Dasar

11 kali
25.04.722
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi memungkinkan pengguna menyampaikan ulasan melalui platform seperti google maps dengan memberikan informasi penting seperti penilaian kualitas dan pengalaman pengguna layanan. Penelitian ini berfokus pada pengelolaan ulasan pelanggan di JNE Purwokerto yang belum secara efektif dimanfaatkan untuk keperluan dalam evaluasi layanan. Dengan menggunakan pendekatan Machine Learning, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan negatif dan positif pengguna sebagai bahan evaluasi bagi penyedia layanan. Tahapan penelitian dimulai dengan pengambilan data ulasan yang terdiri dari 968 ulasan dengan rincian 111 (positif) dan 857 (negatif) yang diperoleh melalui kode Python dan API. Lalu preprocessing data; case folding, cleaning, tokenisasi, stopword removal, dan stemming. Ekstraksi fitur dengan metode Bag of Words untuk mengubah data menjadi nilai numerik. Splitting data 80:20 menghasilkan 774 data latih dan 194 data uji. Penggunaan teknik Synthetic Minority Over-sampling Technique terhadap ketidakseimbangan pada data latih semula 89 (positif) dan 685 (negatif) menjadi data yang seimbang. Algoritma Naïve Bayes Classifier model Multinomial Naive Bayes untuk pengujian. Confusion matrix untuk mengevaluasi performa metode algoritma Naïve Bayes. Hasil dari proses evaluasi menperoleh nilai akurasi sebesar 89% dengan nilai presisi 93%, recall 94%, dan f1-score 93% (negatif). Sedangkan, nilai presisi 58%, recall 54%, dan f1-score 56% (positif). Hasil analisis sentimen menunjukan adanya ketidakpuasan layanan, ditunjukkan dengan tingginya sentimen negatif pada ulasan pelanggan.

Kata kunci: analisis sentimen, naive bayes, pembelajaran mesin, smote, ulasan

Subjek

analisis data
 

Katalog

Analisis Sentimen Ulasan Pengguna terhadap Ekspedisi Layanan Logistik dengan Metode Naïve Bayes - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 81p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU BUDI PRAYOGO
Perorangan
Sena Wijayanto, Mahazam Afrad
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi - Kampus Purwokerto
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • BBK4FBB3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • BZK4BAA4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini