Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC)

Kofer De Marcos Sihaloho

Informasi Dasar

33 kali
25.04.833
793.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game sangat populer dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media wawasan bagi anak- anak dan remaja. Namun sayangnya game yang bertemakan wawasan dan edukasi khususnya yang

bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia, terutama tentang pakaian adat di Indonesia masih jarang ditemukan. Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah merancang dan membuat suatu aplikasi game edukasi pengenalan pakaian adat berbasis GDLC yang dapat dimainkan oleh anak-anak secara offline. Melalui game tersebut pengguna dapat mengetahui pakaian adat yang ada di Indonesia. Implementasi dari Game Development Life Cycle (GDLC) dalam pembuatan game Pengenalan pakaian adat adalah proses yang menggunakan metode yang terstruktur dan teratur dalam pembuatan game. GDLC terdiri dari beberapa tahap, seperti tahap inisiasi, pra-produksi, produksi,testing, beta dan rilis aplikasi. Penelitian ini melibatkan 30 responden untuk menguji game edukasi dengan menggunakan blackbox dan System Usabillity Scale (SUS). Hasilnya menunjukan rata-rata nilai 73,83 dengan index kategori “good” menandakan game edukasi ini memiliki fitur yang menarik serta menambah wawasan mengenai pakaian adat indonesia. Kata Kunci : Game Development Life Cycle(GDLC), Aplikasi, Android, Game Edukasi.

Subjek

GAME
 

Katalog

Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kofer De Marcos Sihaloho
Perorangan
Dimas Fanny Hebrasianto P.,S.ST.,M.Kom
 

Penerbit

Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Purwokerto
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini