Rumah Makan Saiyo merupakan salah satu rumah makan favorit masyarakat purwokerto. Saat ini Rumah Makan Saiyo masih kesulitan dalam melihat hasil penjualan harian maupun bulanan dikarenakan pengelola Rumah Makan Saiyo masih menggunakan metode konvensional dalam mencatat hasil penjualan menggunakan kertas. Hilang dan rusaknya catatan penjualan adalah beberapa contoh dari masalah yang paling sering dihadapi pengelola rumah makan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi point of sales dengan menggunakan metode SDLC. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Sedangkan untuk metode pengujian, penulis menggunakan metode blackbox testing dan system usability scale karena kedua metode pengujian tersebut merupakan benchmark standarisasi pengujian sebuah system. Hasil evaluasi system dari pengujian yang sudah dilakukan pada aspek fungsional berhasil berjalan engan baik dan juga pada aspek usability berhasil mendapatkan nilai B dengan predikat "Excellent", sehingga dapat direpresentasikan bahwa aplikasi point of sales Rumah Makan Saiyo dapat digunakan sebagai media pencatatan hasil penjualan. Berdasarkan hasil dan pembahasan aplikasi point of sales berbasis website Rumah Makan Saiyo, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi website point of sales telah dibuat dengan metode SDLC dan dapat mencatat serta memvisualisasikan data hasil penjualan. Berdasarkan pengujian BlackBox testing dengan menggunakan metode kuisioner SUS mendapatkan jawaban dari responden dengan hasil nilai 8- dan masuk dalam kriteria "Acceptable" untuk digunakan
Kata Kunci : Pencatatan Penjualan, Point Of Sales, SDLC, Website