Home
Search
Katalog & Koleksi
Katalog
Informasi
Turnitin FeedBack Studio: Panduan Cepat untuk Akun Instruktur
Pemilihan Jurnal untuk Publikasi Ilmiah
Akses Eikon Refinitiv
Tata Cara Approval Laporan Magang & KP
Tata Cara Upload Laporan Magang & KP
Fitur Mobile App: Layanan Book Delivery
Peraturan Tel-U Open Library
Sumber Daya Informasi Pendukung Kegiatan Penelitian
Surat Bebas Kewajiban Perpustakaan (SBKP)
Layanan Assistive Technology
Tentang Kami
Tahun Terbit
Role of Digital Literacy: Information Processing Of Skincare On Twitter Beauty Bases - WRAP Researchship
YOLAND APRESIA BRILLIAN
Informasi Dasar
Dilihat
18 kali
No. Katalog
25.04.861
Klasifikasi
000
Jenis katalog
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference
Abstraksi
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kasus kerusakan kulit akibat kurangnya literasi digital dalam menyeleksi informasi skincare di media sosial. Data dari BPOM RI pun menyatakan 23% iklan kosmetik di Indonesia tidak memenuhi ketentuan, dan 77%-nya berasal dari media sosial. Twitter merupakan media sosial sebagai ruang berdiskusi bahkan dapat mendorong tren kecantikan melalui base kecantikan. Namun, banyak terdapat affiliator, dan buzzer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji literasi digital pengguna skincare dalam melakukan pemrosesan informasi yang didapat melalui base kecantikan di Twitter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dari penelitian ini sebanyak 9 orang yaitu pengguna skincare yang pernah mengalami kerusakan kulit akibat kurangnya literasi digital dalam memroses informasi skincare yang diperoleh dari base kecantikan di Twitter. Data penelitian dikumpulka melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan software NVIVO 12. Hasil penelitian ini adalah pada tahap penerimaan stimulus pengguna tidak serta merta mempercayai informasi yang ditemuinya, pengguna mengecek keabsahan informasi yang ada. Pada fase Stage of Acquisition pengguna telah menyadari maraknya buzzer dan juga konten promosi. Selanjutnya, pada fase penyimpanan pengguna hanya dapat mengingat beberapa informasi saja, sehingga pengguna memilih melakukan penyimpanan informasi pada fitur bookmark. Pada proses retrieval, system memory autobiografis menjadikan pengguna lebih mengenali dirinya.
Kata Kunci:
Informasi, Literasi, Twitter, Skin care, Pengguna.
Subjek
Subjek utama
DIGITAL LITERACY
Subjek tambahan
Katalog
Judul
Role of Digital Literacy: Information Processing Of Skincare On Twitter Beauty Bases - WRAP Researchship
ISBN
Kolasi
xii, 22p.: il,; pdf file
Bahasa
Sirkulasi
Harga pinjam
Rp. 0
Biaya denda
Rp. 0
Sirkulasi
Tidak
Pengarang
Nama
YOLAND APRESIA BRILLIAN
Jenis
Perorangan
Penyunting/
Pembimbing
Miftahul Rozaq
Alih bahasa
Penerbit
Nama
Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Kota
Bandung
Tahun
2025
Koleksi
Total
1 Koleksi
Tersedia
1 Koleksi
Kompetensi
KII2A3 - LITERASI DIGITAL
Download / Flippingbook
Link file
Rekomendasi
Ulasan
Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini
Kembali