ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @oksigencoffee CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah

PRADEVKA GEVANANDA LAKSANA

Informasi Dasar

96 kali
25.04.923
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Oksigen Coffee merupakan salah satu merek kopi lokal di Cirebon yang memanfaatkan komunikasi visual dalam membangun identitas dan strategi pemasarannya melalui Instagram. Dalam dunia industri kopi yang kompetitif, elemen komunikasi visual menjadi faktor utama dalam menarik perhatian audiens dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen komunikasi visual yang digunakan oleh akun Instagram @OksigenCoffee, khususnya dalam aspek tipografi, palet warna, tone warna, serta konten yang digunakan dalam postingan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak internal Oksigen Coffee serta observasi konten Instagram yang dianalisis berdasarkan elemen-elemen visual yang diterapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik, yang mengelompokkan data berdasarkan pola dan tema yang ditemukan dalam komunikasi visual akun Instagram Oksigen Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Oksigen Coffee telah memanfaatkan elemen komunikasi visual secara efektif dalam membangun identitas merek di Instagram. Palet warna yang terinspirasi dari elemen alami, seperti hijau daun, cokelat tanah, dan abu-abu batu, memberikan kesan estetis dan memperkuat identitas visual mereka. Namun, ditemukan beberapa ketidakkonsistenan dalam penerapan tone warna dan tipografi pada beberapa unggahan, yang dapat mengurangi kohesi visual dari keseluruhan tampilan akun. Selain itu, komunikasi visual yang mencakup penggunaan foto produk, foto suasana kafe (ambience), konten kolaborasi (partnership), serta ilustrasi, berperan penting dalam menyampaikan pesan di Instagram, dari penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan elemen komunikasi visual memiliki dampak signifikan terhadap identitas visual dan daya tarik di media sosial khususnya  Instagram. Dengan penyempurnaan dalam aspek visual dan penerapan konten yang lebih terarah, Oksigen Coffee dapat semakin memperkuat identitas visual dan daya saingnya di media sosial.

Subjek

KOMUNIKASI VISUAL
 

Katalog

ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @oksigencoffee CIREBON - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 60p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRADEVKA GEVANANDA LAKSANA
Perorangan
Aditya Ali
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • PRH2F4 - KOMUNIKASI VISUAL
  • KHI2E3 - KOMUNIKASI VISUAL KEHUMASAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini