Abstrak
Komunikasi pembelajaran di era digital mengalami inovasi dalam penggunaan media platform-platform pada sekolah berbasis teknologi digital. SMP Tunas Unggul Bandung yang merupakan sebuah Global Interactive School, mengedepankan penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran pada seluruh siswa Grade 7, Grade 8 dan Grade 9. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan model komunikasi pembelajaran dengan basis teknologi digital yang dikomunikasikan oleh guru-guru SMP Tunas Unggul Bandung pada murid-murid di seluruh grade. Temuan dalam penelitian ini mencakup bentuk komunikasi pembelajaran, media digital yang digunakan, hingga simbol verbal dan non verbal yang terlibat dalam proses komunikasi pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara semi struktur dan observasi lapangan dengan turut terlibat langsung ke dalam aktivitas pembelajaran guru dan siswa di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran yang diterapkan di SMP Tunas Unggul Bandung adalah komunikasi pembelajaran interaktif berbasis teknologi digital yang melibatkan berbagai simbol, baik simbol verbal maupun non verbal. Para guru menggunakan media interaktif seperti Canva, LMS (Learning Management Sytsem), Quizziz, PhET Simulator, dan media-media berbasis digital platfrom lainnya. Komunikasi pembelajaran interaktif antara guru dan siswa yang telah diterapkan di SMP Tunas Unggul Bandung menjadi sebuah sarana dalam membangun ikatan guru dengan siswa agar pembelajaran berbasis media digital dapat teradopsi dengan baik oleh seluruh stakeholder. Implementasinya pun terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang dirasakan langsung oleh para siswa.
Kata kunci: komunikasi pembelajaran, platform digital, model, guru, siswa.