Pendidikan modern membutuhkan pendekatan inovatif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Salah satu solusi yang diteliti adalah integrasi gamifikasi ke dalam Intelligent Tutoring System (ITS). Dalam penelitian ini, dikembangkan ITS berbasis gamifikasi dengan tingkat kesulitan adaptif untuk membantu pembelajaran bilangan pecahan. Sistem ini berfokus pada topik perbandingan, penjumlahan, dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas 5 SD.
Pembelajaran bilangan pecahan sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, menyebabkan kurangnya motivasi. Studi menunjukkan bahwa elemen gamifikasi seperti poin, level, dan achievement dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi gamifikasi pada ITS pada pembelajaran pecahan.
Beberapa elemen yang digunakan diantaranya poin, level, progresi, dan achievement. Penelitian dilakukan melalui eksperimen dengan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan sistem ITS gamifikasi dan kelompok kontrol yang belajar dengan metode tradisional. Data dianalisis menggunakan uji statistik seperti Shapiro-Wilk dan Brunner-Munzel Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ITS dengan gamifikasi tidak memberikan peningkatan signifikan pada hasil pembelajaran, tetapi mampu meningkatkan aspek positive affect. Sistem ini berpotensi menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan mendukung pengembangan teknologi pendidikan di masa depan.
Kata Kunci: intelligent tutoring system, adaptive difficulty, gamification, pecahan