Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran yang interaktif memiliki posisi vital dalam mengoptimalkan efektivitas proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab di SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto, terdapat kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk membantu siswa dalam memahami dan menulis huruf hijaiyah. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, collecting material, assembly, testing, dan distribution. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan menambah motivasi belajar siswa melalui pendekatan multimedia interaktif. Penerapan media pembelajaran ini diuji menggunakan metode black-box testing untuk memastikan bagian fungsinalitas berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian membuktikan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah. Data pretest dan posttest menampilkan adanya lonjakan nilai rata-rata siswa dari 78,57 ke 92,5, atau meningkat sebesar 13,93%. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa pengajaran pengenalan huruf hijaiah dengan aplikasi Tantangan Hijaiah cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan pengenalan huruf hijaiah siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Multimedia Interaktif, Pengenalan Huruf Hijaiyah.