Emotional Branding Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Restoran Gastronomi (Studi Kasus Joongla) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MELATI AULIA RIZKY FITRIANA

Informasi Dasar

38 kali
25.04.1312
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia memiliki 3.259 kuliner asli dan 10.900 usaha makanan dan minuman skala menengah hingga besar, menunjukkan tingginya persaingan. Perubahan perilaku konsumen yang semakin mengutamakan pengalaman memberikan peluang bagi restoran gastronomi, seperti Joongla, untuk memperkuat posisi brand. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan emotional branding oleh Joongla dalam membangun brand loyalty, serta menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untuk memperkuat emotional branding tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dan mengacu pada teori emotional branding milik Marc Gobe (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Joongla berhasil mengimplementasikan keempat dimensi emotional branding, yaitu hubungan (relationship), pengalaman pancaindra (sensorial experience), imajinasi (imagination), dan visi (vision). Joongla mampu membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen melalui keterikatan emosional, menjadikan pengalaman pancaindra sebagai nilai utama, menciptakan imajinasi konsumen melalui media fisik dan storytelling, serta secara konsisten mengomunikasikan visi Joongla. Emotional branding mampu mendorong konsumen untuk kembali berkunjung dan merekomendasikannya kepada orang lain berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami. Penerapan emotional branding oleh Joongla berfungsi sebagai bentuk brand communication yang membangun emotional connection dengan konsumen, yang pada akhirnya memperkuat brand loyalty serta mendorong terciptanya word of mouth.

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

Emotional Branding Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Restoran Gastronomi (Studi Kasus Joongla) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 104p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELATI AULIA RIZKY FITRIANA
Perorangan
Almira Shabrina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • KII2L3 - KOMUNIKASI MEREK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini