ABSTRAK
Kesadaran masyarakat global akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup
semakin meningkat, dipicu oleh kekhawatiran akan terjadinya bencana lingkungan
kehidupan yang tidak hanya mengancam kesehatan manusia, namun juga berkelanjutan
hidup manusia dan keturunannya. Pencemaran udara yang disebabkan oleh
penggunaan kendaraan pribadi merupakan salah satu penyebab polusi
lingkungan. Hyundai hadir dengan mobil listrik yang cukup ekonomis di kelasnya.
Hyundai melalui Ioniq 5 mengusung konsep iklan hijau untuk iklan promosi
produk Hyundai Ioniq 5. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah melihat seberapa
besar pengaruh iklan hijau terhadap kesadaran lingkungan. Penelitian ini
menggunakan metode berbagai macam uji variabel agar mendapatkan hasil yang
akurat. Hasil dari penelitian ini akan dijabarkan secara rinci berdasarkan hasil
uji normalitas, uji linier, uji regrsi sederhana, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji
koefisien determinasi. Pada bagian hasil akan dijelaskan secara deskriptif agar
Memudahkan bagi para pembaca. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat pengaruh
antara periklanan hijau Hyundai Ioniq 5 terhadap kesadaran lingkungan dengan
persentase nilai hasil koefisien determinasi sebesar 58,8%. penelitian yang diharapkan
selanjutnya dapat memperluas atau melanjutkan penelitian ini menggunakan variabel
lain atau dengan objek yang lain.
Kata kunci: Periklanan Hijau, Kesadaran Lingkungan, Hyundai, Ioniq5