Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan pesat dan telah diaplikasikan di berbagai bidang, termasuk bidang pemerintahan, pendidikan, dan pariwisata. Kurangnya motivasi siswa merupakan masalah yang sering ditemukan dan dapat menyebabkan menurunnya efektifitas kegiatan praktikum karena kurang aktifnya siswa selama praktikum. Gamifikasi merupakan teknik inovatif yang menggabungkan elemen-elemen permainan, seperti umpan balik, papan peringkat, dan pengumpulan poin, ke dalam kegiatan non-game untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dengan menerapkan konsep gamifikasi pada sistem berbasis web untuk memberikan motivasi lebih bagi mahasiswa. Proses pengembangan sistem menerapkan metode Rapid Application Development (RAD). RAD merupakan metode yang sering digunakan untuk memangkas waktu yang dibutuhkan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem, sehingga membuat siklus pengembangan sistem menjadi sangat singkat dan tidak membutuhkan banyak waktu. Sistem ini dirancang untuk menumbuhkan sifat kompetitif siswa untuk bersaing dengan siswa lainnya dengan memanfaatkan leaderboard. Hasil penelitian menunjukkan penerapan gamifikasi pada sistem monitoring keaktifan mahasiswa praktikum telah berhasil diselesaikan. Sistem monitoring keaktifan mahasiswa praktikum berbasis website dengan nama “Class Rank” dibuat dengan menerapkan metode RAD. Pengujian menggunakan Blackbox testing menunjukkan hasil 100% valid untuk seluruh fungsi yang diimplementasikan. Selain itu pengujian penerimaan pengguna menggunakan User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan skor 92,2% yang berarti sistem dapat diterima oleh pengguna dengan baik.