Picky Eater merupakan istilah yang kerap diapakai untuk mengacu kepada
seseorang yang enggan mencicipi ataupun mencoba makanan baru yang belum
pernah mereka coba. Perilaku ini biasanya dialami oleh anak-anak dibawah 5 tahun,
karena pada saat usia tersebut mereka nyaman dengan beberapa makanan yang
sering mereka makan. Perilaku ini akan berdampak buruk bagi anak dimasa
mendatang karena mereka akan kekurangan vitamin dan zat-zat yang diperlukan
untuk masa kembangnya. Pada perancangan ini dibuatlah sebuah animasi 3d
edukasi tentang picky eater guna mengedukasi anak untuk mau mencoba makananmakanan baru, animasi 3d yang disajikan menggunakan visual yang menarik dan
interaktif serta edukasi yang ditampilkan dibuat secara jelas dan ringan agar anakanak dapat memahaminya. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan jenis pendekatan deskriptif yang artinya meneliti individu,
kelompok, kondisi, dan peristiwa tertentu yang kemudian di deskripsikan secara
akurat. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis SWOT yang
dimana untuk mencari sebuah USP dan Positioning dari animasi 3d supaya
memiliki keunikan tersendiri. Sehingga animasi 3d ini diharapkan menjadi edukasi
picky eater yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak, supaya mereka
menggerti dengan edukasi yang diberikan.
Kata kunci: Picky eater, Edukasi, Anak-anak