Data merupakan aset penting dalam pengelolaan bisnis, termasuk bisnis pariwisata, di era dunia digital. Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai destinasi wisata memiliki permasalahan sistem penjualan tiket yang masih manual, yang berujung pada kurangnya transparansi, kesulitan pemantauan, serta keterbatasan analisis tren penjualan tiket untuk perencanaan strategis. Untuk menjawab tantangan tersebut, dilakukan kajian data penjualan tiket historis menggunakan peramalan time series dengan Sktime untuk meramalkan jumlah wisatawan dan total penjualan. Diharapkan estimasi ini dapat membantu pengelola mengoptimalkan kebijakan pemasaran, membuat kebijakan operasional yang lebih baik, serta mempelajari tren pasar untuk meningkatkan pendapatan. Center of Excellence (CoE) Smart City sebagai pusat penelitian dan pengembangan teknologi berbasis kota dapat dilibatkan dalam pengembangan solusi inovatif untuk membantu penerapan sistem analisis berbasis data di bidang pariwisata. Dengan hasil yang lebih mampu memprediksi apa yang terjadi, pengelolaan tiket Keraton Kasepuhan Cirebon dapat menjadi lebih efektif, transparan, dan berbasis data, serta dapat mendukung perencanaan strategis ke depan dengan lebih efektif.
Kata Kunci: Time Series, Sktime, Smart City