STUDI KOMPARATIF TERHADAP KINERJA KOGNITIF PERAWAT DALAM PENGGUNAAN VR PADA PRAKTIK KLINIS KEPERAWATAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANDI RIMBA MANGGALA PUTRA

Informasi Dasar

243 kali
25.06.389
610.28
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pendidikan keperawatan yang efektif sangat krusial untuk kualitas perawatan pasien. Metode pelatihan tradisional menggunakan manekin memiliki keterbatasan, sehingga mendorong eksplorasi alternatif inovatif seperti Virtual Reality (VR). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi komparatif terhadap efektivitas VR dibandingkan metode menonton video dengan manekin, dengan fokus utama pada dampaknya terhadap kinerja kognitif perawat yang diukur melalui Electroencephalography (EEG). Penelitian ini menggunakan desain studi komparatif kuantitatif yang melibatkan 24 partisipan tanpa pengetahuan awal, yang dibagi menjadi kelompok VR dan kelompok video. Data dikumpulkan melalui kuis pasca-sesi untuk mengukur transfer pengetahuan dan rekaman EEG (khususnya gelombang Gamma) selama sesi pembelajaran untuk mengukur keterlibatan kognitif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada skor kuis, yang mengindikasikan kedua metode sama-sama efektif dalam transfer pengetahuan. Namun, analisis dinamika EEG mengungkap bahwa kelompok VR menunjukkan frekuensi dan durasi lonjakan aktivitas Gamma yang secara signifikan lebih tinggi. Kesimpulannya, meskipun hasil belajar yang terukur setara, keunggulan VR terletak pada kemampuannya untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih menstimulasi sehingga mendorong keterlibatan kognitif yang lebih aktif dan mendalam.
 
 
 
Kata Kunci: Virtual Reality, Pelatihan Keperawatan, Kinerja Kognitif, EEG, Efisiensi Kognitif.
 

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

STUDI KOMPARATIF TERHADAP KINERJA KOGNITIF PERAWAT DALAM PENGGUNAAN VR PADA PRAKTIK KLINIS KEPERAWATAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xlviii, 48p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI RIMBA MANGGALA PUTRA
Perorangan
Amir Hasanudin Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • VII3C3 - MULTIMEDIA TERAPAN
  • VII2G2 - PENGANTAR PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini