Tingginya tingkat penyakit gigi dan akses layanan kesehatan gigi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pangandaran, menjadi permasalahan yang berdampak pada kesehatan masyarakat, pasien dan tenaga medis mengalami kendala dalam proses pendaftaran, pengelolaan data pasien, serta komunikasi antar pasien dan klinik. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pelayanan klinik gigi, dikembangkan sebuah website interaktif bernama SMILE. Website ini dirancang untuk membantu pasien dalam mengakses klinik gigi secara lebih mudah, efisien, dan terstruktur. Pengembangan SMILE menggunakan metodologi prototipe, dengan tahapan utama meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan prototipe, pengembangan, pengujian, revisi dan perbaikan. Fitur utama yang disediakan mencakup pendaftaran daring, antrean real-time, jadwal konsultasi, rekam medis, serta pengingat otomatis. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan framework laravel dan MySQL untuk memastikan keamanan serta kemudahan integrasi dengan sistem klinik. Dengan penerapan sistem digital berbasis web ini, berdasarkan hasil pengujian menunjukkan antrean lebih efektif bagi pasien serta tenaga medis di klinik gigi drg. Robet Agustinus Pangandaran.
Kata Kunci: antrean daring, klinik dokter gigi, optimalisasi, rekam medis, website interaktif