Optimalisasi layanan Laboratorium Fakultas Rekayasa Industri (FRI) merupakan salah satu komponen utama dengan memegang peran penting dalam mendukung kegiatan operasional. Pada Laboratorium FRI, dalam praktiknya fasilitas aset yang tersedia ditemukan hambatan terkait sistem yang kurang optimal dan terintegrasi dalam proses monitoring asset. Berdasarkan realitas saat ini, hal tersebut menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan pengembangan sistem proses monitoring asset yang tercatat dengan tepat. Peningkatan layanan yang baik dapat berdampak pada kelancaran operasional, maka disusunlah penelitian berbasis sistem informasi menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis software Odoo menggunakan modul Inventory dan modul Repair untuk merancang proses peningkatan pada teknis pencatatan, perbaikan, dan pemindahan aset. Perancangan sistem ini menggunakan metode Quickstart karena sesuai dengan tujuan proses pengembangan sistem yang hanya membutuhkan waktu singkat. Hasil rancangan sistem Odoo diuji menggunakan Black Box Testing dan Usability Testing, dimana keduanya melibatkan user dalam proses pengujian. Pada hasilnya, pengujian sistem secara fungsional melalui Black Box Testing dinyatakan berhasil, sementara tingkat kepuasan user terhadap sistem Odoo hanya mencapai nilai 46%, artinya perolehan ini belum memenuhi tingkat kepuasan user dalam menggunakan layanan sistem. Dengan begitu, sebagai tindak lanjut penelitian ini, disediakan kolom feedback untuk memberikan ulasan terhadap layanan yang berguna menjadi evaluasi dalam peningkatan pada penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Enterprise Resource Planning (ERP), Odoo, Modul Inventory, Modul Repair, Metode Quickstart, dan Monitoring Asset.