Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, Surabaya memiliki banyak potensi ekonomi yang signifikan sebagai pusat perdagangan dan industri. Meningkatnya kunjungan mancanegara serta kebutuhan akan hotel yang berkualitas tinggi, khususnya hotel bisnis, meningkat hingga 5,07 pada tahun 2023. Maka dari itu, perancangan interior hotel bisnis bintang 4 di Surabaya dirancang dengan pendekatan aktivitas bisnis untuk menyediakan hotel yang dapat mewadahi kegiatan binis yang terjadi, baik secara formal maupun informal. Tema "Business-first Design" berfokus memenuhi kebutuhan pelaku bisnis dalam menyediakan ruang MICE (Meeting, Incentives, Convention, Exhibitions) dan fasilitas pendukung lainnya yang mendukung kelancaran aktivitas business profesional. Konsep "SPACE" dirancang untuk mendukung kebutuhan tamu bisnis dengan menghadirkan lingkungan yang Smart, Productive, Adaptive, Collaborative, dan Effective. Interior hotel dirancang untuk memberikan kenyamanan, mendukung efisiensi waktu, dan fleksibilitas dalam menjalankan berbagai aktivitas bisnis. Sehingga, perancangan interior hotel bisnis ini diharapkan dapat memenuhi berbagai kebutuhan tamu bisnis dan menjadikan hotel sebagai pilihan utama dalam berbisnis.
Kata Kunci: Hotel Bisnis, Aktivitas Bisnis, MICE, Business-First Design, SPACE.