ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi pada zaman milenial atau era globalisasi yang lebih modern, peranan teknologi informasi sangat di butuhkan untuk beberapa hal yang menyangkut bidang pendidikan (Maritsa et al., 2021). Universitas Telkom menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mengadopsi pembelajaran daring sebagai bagian integral dari proses akademik berdasarkan Panduan Akademik Universitas Telkom 2024. Meskipun pembelajaran daring memberikan fleksibilitas waktu dan tempat, keberhasilannya sangat bergantung pada
online learning behavior mahasiswa (Rasheed et al., 2020).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap
online learning behavior mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 193 responden. Variabel independen terdiri dari motivasi intrinsik (dengan indikator otonomi, kompetensi, dan keterhubungan) dan motivasi ekstrinsik (dengan indikator regulasi eksternal, regulasi introjeksikan, regulasi identifikasi, dan regulasi integrasi). Variabel dependen adalah
online learning behavior (dengan indikator
teaching presence, social presence, dan
cognitive presence).
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik secara signifikan memengaruhi
online learning behavior. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran daring yang lebih efektif dengan mempertimbangkan aspek motivasional mahasiswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum diteliti, seperti perbedaan kultur, kesenjangan sosial, kebijakan dan/atau
benefit institusional serta dapat menjangkau objek penelitian lain dalam lingkup mahasiswa yang berbeda dengan jumlah sampel yang lebih besar seperti fakultas, universitas, atau regional (kota atau provinsi).
Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik,
Online Learning Behavior,
Mahasiswa,
Online Learning, Perilaku