PEMANFAATAN DATA ANALITIK DAN ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL X (TWITTER) UNTUK MENDETEKSI KEPUASAN PELANGGAN DALAM INDUSTRI TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADHISTI HASNAH AULIA PUTRI

Informasi Dasar

17 kali
25.04.4099
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap layanan transportasi online Gojek dan Grab melalui pemanfaatan analisis sentimen dan data analitik dari ulasan pelanggan di X (Twitter). Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik crawling, lalu dianalisis menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Temuan menunjukkan bahwa satisfaction toward value (biaya) memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pelanggan, meskipun satisfaction toward quality (kualitas layanan) dan perceived best (kualitas produk) turut berkontribusi meskipun lebih kecil. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berguna bagi Gojek dan Grab dalam merancang strategi yang lebih tepat guna meningkatkan kualitas layanan mereka. Secara keseluruhan, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan analisis sentimen dan data analitik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dalam sektor transportasi online.
 

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

PEMANFAATAN DATA ANALITIK DAN ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL X (TWITTER) UNTUK MENDETEKSI KEPUASAN PELANGGAN DALAM INDUSTRI TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 76p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHISTI HASNAH AULIA PUTRI
Perorangan
Nurvita Trianasari, Salsabila Aisyah Alfaiza
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini