Perancangan kompetisi XSEED di PT. XL Axiata Tbk bertujuan untuk mengoptimalkan budaya perusahaan, khususnya dalam aspek inovasi dan kolaborasi antar karyawan. Kompetisi XSEED dirancang untuk mendukung tujuan tersebut dengan memberikan ruang bagi karyawan dari berbagai divisi untuk berkolaborasi dan mengembangkan solusi inovatif. Meskipun, pelaksanaan XSEED sudah berlangsung dari tahun 2017, hasil evaluasi terhadap implementasi program ini menunjukkan bahwa XSEED berhasil mengajak karyawan untuk berpartisipasi secara aktif dengan mengusung keberagaman tema yang lebih inklusif dan memanfaatkan media komunikasi yang terintegrasi secara digital. Tujuan karya ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teori manajemen acara menurut Goldblatt dari tahap penelitian, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi dalam mengoptimalisasi budaya perusahaan melalui acara kompetisi inovasi dan kolaborasi yang dinamakan XSEED 2024. Perancangan karya ini menunjukkan bahwa penerapan teori komunikasi organisasi, budaya organisasi, dan manajemen acara yang sistematis dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan efektivitas kompetisi. Metodologi dalam perancangan karya ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, forum diskusi kelompok, observasi, dan dokumentasi. Hasil perancangan karya menunjukkan bahwa meskipun perusahaan mendukung budaya inovasi, masih terdapat indikator budaya organisasi yang tidak optimal, antara lain orientasi terhadap hasil, orientasi terhadap orang, dan stabilitas kondisi selama pelaksanaan acara.