GASTRODIPLOMASI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING (Studi Kasus: Pelaku UMKM Kuliner Rendang) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NADHIRA TRIANA ASTUTY

Informasi Dasar

10 kali
25.05.388
006.701 4
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sebagai bagian dari gastrodiplomasi, UMKM memiliki peran penting memperkenalkan kuliner dalam menembus pasar global, tetapi peran ini masih menghadapi tantangan seperti digatalisasi. Penelitian ini menganalisis peran gastrodiplomasi dalam meningkatkan nation branding Indonesia yang melalui pelaku UMKM olahan rendang. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam, dengan analisis data dibantu oleh perangkat lunak NVivo 12 Pro. Penelitian ini meneliti UMKM Restu Mande, UMKM Rendang Uni Lili, dan UMKM Rendang Gadih. Penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM berperan penting dalam mem- bangun pemahaman rendang sebagai bagian dari gastronomi Indonesia melalui media sosial dengan pendekatan budaya, visual, dan emosional. UMKM Restu Mande fokus pada pemberdayaan komunitas lewat storytelling, Rendang Uni Lili menonjolkan keaslian proses memasak dengan elemen budaya, sedangkan Rendang Gadih mengangkat filosofi logo yang berarti kesabaran. Selain itu, UMKM menggunakan bantuan influencer serta aktif berpartisipasi dalam festival kuliner internasional dengan menggunakan bahasa asing, menampilkan proses produksi langsung, penggunaan pakaian adat, dan pemberian sampel untuk menciptakan pengalaman aut- entik dan emosional bagi konsumen. Penelitian selanjutnya disarankan melibatkan in- forman ahli dan kementerian terkait untuk memperkaya perspektif kebijakan gastrodi- plomasi dan dukungan terhadap UMKM. Selain itu, pendalaman elemen visual dalam konten digital penting dilakukan untuk memahami upaya komunikasi efektif.

Subjek

GASTRONOMY
 

Katalog

GASTRODIPLOMASI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING (Studi Kasus: Pelaku UMKM Kuliner Rendang) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
clxii, 162p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHIRA TRIANA ASTUTY
Perorangan
Sri Dewi Setiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII6H3 - STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini