FORMULASI STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN SWOT MATRIX DAN IFE MATRIX PADA USAHA MIKRO SELERA ACEH - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMMAD ABYAN ARDIANA

Informasi Dasar

22 kali
25.04.4169
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Selera Aceh, usaha kuliner khas Aceh yang berdiri pada 2021, awalnya beroperasi melalui sistem waralaba dan pada 2022 beralih menjadi bisnis independen. Persaingan yang meningkat menyebabkan penurunan omset penjualan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi pengembangan bisnis. Pendekatan kualitatif digunakan melalui wawancara dan studi literatur dengan lima narasumber (tiga internal, dua eksternal). Analisis meliputi Matriks IFE, EFE, SWOT, IE, dan QSPM. Hasil menunjukkan skor IFE 3,053 dan EFE 2,550, menempatkan Selera Aceh pada kuadran IV (grow and build). Matriks SWOT menghasilkan 12 strategi yang dikelompokkan menjadi market penetration, market development, dan product development. QSPM menetapkan market development sebagai prioritas (skor 6,826), diikuti market penetration dan product development.

Kata Kunci: Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matriks IE, QSPM.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

FORMULASI STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN SWOT MATRIX DAN IFE MATRIX PADA USAHA MIKRO SELERA ACEH - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 204p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMMAD ABYAN ARDIANA
Perorangan
Sunu Puguh Hayu Triono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini