PT Pindad merupakan Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak pada industri pertahanan Indonesia. PT Pindad membuka peluang magang/PKL untuk seluruh mahasiswa/i dan siswa/i Indonesia. Saat ini staf Human Capital dan staf Divisi Pengamanan yang merupakan bagian untuk menangani program magang/PKL mengalami keterlambatan dalam memberikan validasi peserta dan pengawasan peserta magang/PKL yakni dimulai dari proses pendaftaran, presensi peserta, dan proses cetak sertifikat peserta. Sistem yang ada saat ini menggunakan Whatsapp, Microsoft Excel, dan buku arsip sebagai media komunikasi, pencatatan data, dan koordinasi, hal tersebut dinilai kurang efektif karena menyebabkan data terpisah-pisah dan miskomunikasi serta sulitnya melakukan koordinasi. Oleh Karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan perancangan sistem informasi manajemen program magang/PKL di PT Pindad untuk membantu dalam proses dokumentasi, pengawasan, dan koordinasi kegiatan program magang/PKL di PT Pindad.
Pada tugas akhir ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dalam perancangan sistem informasi manajemen magang/PKL di PT Pindad. Terdapat empat tahapan pada metode Rapid Application Development, yaitu fase requirement planning, user design, construction, dan implementation. Setelah sistem selesai dirancang dilakukan verifikasi menggunakan pengujian Black Box selanjutnya dilakukan validasi menggunakan metode User Acceptance Test (UAT).
Hasil dari tugas akhir berupa sistem informasi manajemen program magang/PKL yang mampu melakukan pencatatan dan pengawasan secara terpusat dalam satu sistem untuk seluruh proses program magang/PKL di PT Pindad. Dengan adanya sistem ini, akses terhadap informasi akan lebih mudah dan terintegrasi. Selain itu, sistem ini dapat memudahkan melakukan pengawasan program magang/PKL karena alur kerja yang lebih terstruktur dan real time.
Adanya sistem ini dapat meningkatkan efektivitas proses kegiatan magang/PKL dalam melakukan pencatatan dan pengawasan. Akses informasi secara real time dan terintegrasi antara pengguna mempercepat dalam pencarian informasi dan memberikan informasi terhadap peserta magang/PKL, sedangkan pengawasan yang baik dapat meningkatkan kualitas program magang/PKL di PT Pindad.
Kata Kunci: Magang, PKL, Proses Bisnis, Rapid Application Development, Sistem Informasi Manajemen.